Tips Pemilu Legislatif 2009 : Panduan Gebleg Tapi Gampang untuk Pemilih Bingung

Kita semua (harusnya) sudah tahu bahwa Pemilu Legislatif akan dilaksanakan pada tgl 9 April 2009 besok.. Yap, kurang dari satu bulan lagi. Dalam waktu yang singkat itu memang dirasakan sosialisasi Pemilu 2009 oleh KPU sangat lah minim (setidaknya menurut penilaian saya scr pribadi). Entahlah, mungkin karena saya gak pernah mbaca TV dan nonton Koran😀

Mungkin banyak dari kita yang kebingungan untuk memilih saat pemilu 2009 esok. Yah.. saya sendiri jugak bingung, lha jumlah partainya aja saya ndak tahu.. paling saya apalnya partai yang itu2 aja (yang iklannya sering muncul di TV ato Koran), lainnya? Mbuh….

Jika Anda sama bingungnya dengan saya mungkin bisa mengambil jalan pintas seperti saya dalam memilih pada tgl 9 April 09 besok itu. Saat pemilu besok itu kita akan memilih calon legislative untuk duduk di DPR, DPRD 1, dan DPRD 2 (eh, milih DPD jugak yak..?).

Dalam memilih nanti dapat mengacu pada PanLok dan Tupoksi berikut… (NB : PanLok = Panduan gobLok; Tupoksi = peTUnjuk POKoknya aSIk)

  • Pastikan Anda memang berhak, bisa dan sudi untuk memilih

    Pastikanlah Anda sudah akil balig dan masih berakal sehat.….

    Pastikan juga Anda sudi untuk memilih..

    memang.. saya paham gimana perasaan Anda ketika harus memilih orang2 yang tak Anda kenal untuk kemudian kita jadikan wakil kita di parlemen selama 5 tahun ke depan, Anda pasti takut kalo nanti mereka yang kita pilih malah asyik bikin video dgn penyanyi dangdut😀

    Tapi saran saya, jika memang Anda memiliki hak pilih, dan mampu untuk memilih.. usahakan untuk tidak golput.. itung2 Anda mewakili nasib saudara2 sebangsa kita yang lebih pingin milih (ketimbang kita) tetapi gak punya kartu pemilih.

    Tapi ya kalo akhirnya Golput ya terserah…

  • Pemilu 2009 = BCL

    BCL = Bunga Citra Lestari?

    No…..

    BCL = Bukan Coblosan Lagi…

    Ingat ya, pemilu besok caranya bukan nyoblos melainkan nyontreng.. Ah, kata “contreng” aja baru denger sekarang aku, (ada apa dgn pelajaran Bahasa Indonesia di negeri ini).

    • Apa itu contreng?

      Menurut Kamus Silat Kho Ping Ho, mencontreng adalah member tanda semacam logo NIKE pada kertas suara Pemilu, atau orang jawa menyebutnya “mencawang”.. yah pokoknya gitu lah.. moso masih gak ngerti jugak?

    • Siapa yang dicontreng?

      Dalam pemilu besok, cukup ada satu tanda contreng dalam kertas suara Anda, lebih dari itu maka dianggap tidak sah. Jadi Anda cukup mencontreng salah satu dari item berikut ini :

      • Logo parpol
      • Nama caleg
      • No. urut si caleg

  • Tips memilih partai

    Tahapan berikutnya adalah bagaimana cara memilih Partai yang baik. Cara nomer 1 dan 2 adalah cara yang baik, benar dan beradab. Cara berikutnya adalah cara sesatnya…

    • Visi dan misi
      • Pelajari visi dan misi Partai tersebut, saya gak tahu gimana caranya mempelajari visi dan misi Partai dan dimana mencari-nya (google kali ya?). yah kalo googling tetep gak nemu, ya tinggal Anda pilih aja partai mana yang janji gombal-nya paling bisa memikat Anda.
    • Track record
      • Pelajari juga bagaimana track recor partai tersebut, entah sejarah pendiriannya sampai dgn peranan parpol tersebut dalam dunia politik selama ini.
      • Tips saya, jgn pilih parpol yang KKAM?
        KKAM?=Kemaren Kemana Aja Mas?

      Masak kita milih parpol yang namanya aja baru denger pas di TPS… Walo dia parpol baru berdiri dan baru ikut pemilu tahun ini tapi sudah bisa “bermain” dalam dunia politik akhir-akhir ini. Kalo saya gak mau milih parpol ecek-ecek yang baru berdiri kemaren sore. Palingan juga pemilu besok dia juga gak bakal lolos, dibubarin…

    • Penampilan dan nama
      • Cara sesat saya berikutnya adalah melihat penampilan si parpol tersebut.. meyakinkan gak nih.. misal lihat logonya, parpol yang logonya mbulet gak karu2-an biasanya juga nasibnya mbulet juga.. Ato setidaknya pilih parpol yang logonya bagus jadi kalo Anda dapet kaos gratisan, kaosnya gak malu2-in saat dipakai..

        Ato lihat nama nya..

      • Tips saya? Lihat nama parpolnya.. kalo udah singkatan namanya melebihi 4 huruf, gak usah dipilih lah..

        Coba pikir, masa’ bikin parpol namanya Partai Rakyat Bersatu Gotong Royong Mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera di Masa Depan Menjadi Negara yang Asyik Gila deh Pokoknya disingkat PRBGRMIMDSDMDMNYAGDP . Nah membaca nama itu partai aja, rakyat udah susah, tipe parpol kayak gini pasti nanti cuman bisa nyusahin rakyat.

    • Iklan
      • Lihat iklan tuh parpol.. sering muncul gak di media massa? Ato paling tidak pernah muncul gak? Kalo gak pernah?gak usah dipilih!!! Memang sih kemudian ada alasan “Partai kami gak pernah muncul karena kami gak punya uang bla bla bla bla..”

        Lha? Cari duit untuk bikin iklan aja gak sanggup kok ya brani2-nya bikin parpol?

    • Kantor pengurus-nya
      • Setiap parpol peserta pemilu idealnya memiliki pengurus s.d tingkat kecamatan (bener gak sih?). berikut criteria kantor pengurus y bisa dijadikan alasan untuk gak milih parpol tersebut :
        • Sepi     : tandanya gak serius mau ikutan pemilu
        • Kumuh    : ngurus kantor aja gak becus apalagi ngurus Negara
    • Tokoh-nya
      • Tokoh sentral parpol bisa dijadikan alasan untuk memilih mereka.. entah tokoh itu adalah ketua Umumnya, Caleg2-nya, Capres yang diusung s.d Penyanyi Dangdut yang tampil saat kampanye..

        Well… kalo bicara soal tokoh sentral, mungkin saya hanya akan memilih parpol yang menjadikan salah satu dari mereka ini sebagai tokohnya :

    • Tingkah polah massa pendukungnya
      • Pilihlah parpol yang bisa mengendalikan massa nya.. ya intinya sih, ngendalikan massa dan satgas nya aja gak becus, mana mungkin bisa ngurusi negara ini bukan?

  • Tips memilih caleg
    • Visi dan misi
      • Hampir sama dengan visi dan misi Partai, lihat saja visi&misi si Caleg.. kalo gak nemu? Ya balik lagi pilih aja yang janji gombal-nya paling bisa memikat A
    • Track record
      • Lihat track record si caleg.. pernahkah dia berbuat lebih untuk masyarakat? Ato pernahkah dia melakukan perbuatan tercela? Nyolong jemuran tetangga misalnya…
    • Penampilannya
      • Sekarang kan lagi musim tuh pasang wajah trus ditempel2 di pohon, tembok, sampe tiang listrik dan WC umum. Lihat aja penampilan mereka saat di poster tersebut.. beberapa dari kita bisa dgn cepet menilai orang dari wajahnya, misalnya sbb :
        • Tampangnya ngeselin : g usah dipilih, tampangnya aja ngeselin apalagi tingkahnya?
        • Keliatan loyo : Cuma’ foto aja udah keliatan loyo, apalagi sidang?
        • Masih muda, cantik dan single : juga jangan dipilih, lebih baik dilamar aja….😀
    • Popularitas (kenal gak?)
      • Seorang anggota legislatif sejatinya adalah wakil kita di parlemen maka seorang wakil rakyat harus mengenal rakyat yang ia wakili.. ato setidaknya rakyat mengenal siapa wakilnya di parlemen. Oleh karena itu usahakan mengenal siapa yang bakal mewakili Anda nantinya. Cara paling mudah sih pilih aja orang yang Anda kenal deket.. ato pilih orang yang Anda tau dimana tempat tinggalnya ato seperti apa mukanya.. jadi jika nantinya dia terpilih tapi malah korupsi maka Anda tau siapa yang harus Anda ludahi wajahnya..😀
    • Partainya
      • Ya liat lagi partainya.. kalo memang Anda bener2 blank siapa caleg yang harus Anda pilih, lihat saja partai mana yang mengusung dia jadi caleg. Jika memang partai itu cocok di hati Anda, tinggal Anda pilih caleg yang paling sreg di hati, pokoknya main feeling aja deh..
  • Tips untuk mereka yang bener2 blank total

    Nah jika Anda bener2 blank total.. bener2 gak tahu partai mana dan caleg siapa yang harus anda pilih, maka gunakakan lah rumus berikut. Rumus ini adalah rumus untuk menentukan nomer urut parpol dan caleg yang anda pilih. Ketik reg[spasi]PRIMBON kirim ke 9889

    Rumus memilih nomor parpol dan caleg :


    Dimana :

    NP    = Nomor urut parpol

    NC    = Nomor urut caleg

    JBH    = jumlah bulu hidung

    JBK    = jumlah bulu kethek (bisa juga diganti jumlah bulu kaki –conditional lah..)

    TgL     = Tanggal kelahiran Anda

    TL    = Tahun kelahiran Anda

    BL    = Bulan kelahiran Anda

    JAKT    = Jumlah anak kucing tetangga Anda

    NHP     = Nomor Handphone Anda

SELAMAT BINGUNG!!!!

Disclaimer :

Eh inget ya, saya tidak pernah menyuruh, mengajak atau menganjurkan Anda mengikuti cara sesat saya ini, jadi segala hal yang menjadi akibat langsung maupun tidak langsung yang diakibatkan karena Anda mengikuti panduan gebleg dalam blog ini bukan menjadi tanggung jawab saya melainkan murni karena kesalahan Anda. Sekian dan terima kasih.. chao…

10 responses to “Tips Pemilu Legislatif 2009 : Panduan Gebleg Tapi Gampang untuk Pemilih Bingung

  1. *ngakak guling-guling*
    saya mau milih mas Bret pit ajah kalo ada…

  2. BANYAK PARTAI BIKIN BINGUNG

    Sudah menjadi pedoman hatiku, bahwa dalam pemilihan umum 2009 kita harus menentukan pilihan secara bijaksana. Tapi semua partai peserta pemilu, tiada kupandang tinggi, semua sama tak sapun mendapat keistimewaan.

    Karena bingung, aku membuat suatu undian. Di atas sekelumit kertas kutulis nama-nama partai. Akhirnya kertas itu kugulung sama serta kumasukkan dalam sebuah kotak kosong, yang kemudian kugoncang-goncangkan.

    Dengan mata terpejam kuambil sebuah diantara gulungan-gulungan kertas itu. Ketika gulungan itu sudah kukembangakan, kubuka mataku secara perlahan-lahan. Jantungku turut berdebar keras, Ketika salah seorang di antaranya memperoleh kemenangan.

    Ketahuailah… bahwa yang berhasil memperoleh kemenangan adalah……………………………

    inilah gambaran bimbang masyarakat, apa yang dijanjikan partai politik tak jua mencapai biduk kebahagiaan.

    sumber:http://asyiknyaduniakita.blogspot.com/

  3. pemilunya 9 april ya?
    sumpah saya baru ngerti…

  4. cemil..cemil..(cak imil maksud-e)

    Ya opo lek sistem contreng diganti jenenge..sistem dhulit opo sistem colek. Kan setipe iku mil? hehe..

    Lek aq milih parpol sing ga kathik korupsi … parpol korupsi cuiih!

    @ redaksi : wah mas, nyontreng di pemilu buat milih wakil rakyat mas..lha kok milih pake undian. usaha dulu mas, cari2 info di koran/berita2 di tv

  5. dulu pernah dapet kaos parpol 3 biji, dari 1 partai. yang satu bagus banget bahannya tebel, enak dipake, pas pembagian yang elit kayanya. tapi tetep, saya ga pilih parpol itu, hihihi

    @lakso: oh no berapa tuh so? “parpol korupsi cuiih!” klo disingkat PKC

  6. kocak abis …

    keknya emang pemilu kali ini adem ayem ajah …
    banyak perubahan, tp minim sosialisasi …
    hu hu hu …

  7. waduh… iya, bingung.
    setelah baca postingan ini malah tambah bingung mau ikut Pemilu aja. bener2 aliran sesat. huakakakak… xD

  8. Karena bingung baca petunjuk imiL, maka pemilu caleg besok tak contreng semua.

  9. @itikkecil
    saya juga ga begitu jauh kok gantengnya sama Brad Pitt

    *dirajam massa*

    @isdiyanto
    ya di-bisa2-in lah Mas…

    @redaksi
    yah.. cara itu juga bisa lah Mas.. tp ya pilihan terakhir lah Mas.. tp kalo udah kadung diundi turs yg menang partai ga genah gimana? bisa GR tuh kader2nya (kalo pun emang dia punya kader)

    @morishige
    makanya tak kasi tau.. kebanyakan di gunung sih ente..

    @Lakso
    sistem colek? wah bisa2 kertas suara kita diganti dgn nyam-nyam.. bisa dicolek dan dicocol…

    @Tomi
    Coba partai-nya bagi2 nya kaos ala distro? he he he

    @mata
    iya adem ayem kayak krupuk kehujanan…
    makanya saya bantuin sosialisasi (dgn cara yg tidak benar😀 )

    @Juminten
    eh jangan keras2 ntar saya ditangkep sama KPU karena menyebarkan ajaran sesat..

    @Alris
    hwarakadah… satu lagi orang tersesat..
    [saya gak mau ikut tanggung jawab lho! udah ada disclaimer nya kan?]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s