A Story About My Old Friend

Sebuah Kisah Tentang Kawan Lama


Selama dalam masa nganggur perjuangan ini, saya bolak-balik pulang ke Jember. Dari yang dahulunya hanya pulang kalo libur panjang saja, sekarang jadi semakin akrab dengan Gubeng dan Purabaya. Sekalian nemeni Ibu selama Ayah di Tanah Suci..

Suatu hari saya bertemu kawan saya, teman maen sejak kecil. Sepintas tak ada yang berubah dari dia, tetap pringisan-cengengesan seperti dahulu sambil nongkrong di pengkolan kompleks. Yang berubah hanyalah dia nampak lebih kurus dan berkumis lebat, ketika aku sapa, responnya hanyalah tersenyum dan tetap memandang kosong. Sudah tidak kenalkah dia dengan ku? perasaan aku masih setampan dahulu.

“De’remma ben cong?” –> Gimana coy?
(btw, baru nyadar skill Bhs Madura saya sudah luntur)

Dia hanya diam, senyum kosong. Aku pikir tak ada yang salah dengan itu, jadi kulalui saja dia yang masih asyik di tongkrongannya.

Di rumah jadi teringat masa kecil dahulu, asyiknya maen bareng-bareng, dialah yang ngajari saya bikin dan main layangan, walo dia sama sekali gak ahli blas atau ketika sama-sama cari kalajengking yang akhirnya membuat saya lari ketakutan, pulang sambil nangis. (saya gocik bgt ya?he he he)

Juga ketika rame-rame maen perang2-an di kebon jagung. Kami juga pernah harus berhadap-hadapan di medan tempur, ketika pecah tawuran antara anak-anak di kompleks saya dengan anak-anak dari perkampungan tempat dia tinggal. Namun malamnya saat ngaji di mushola, kami harus pura-pura damai, daripada dipukul rotan sama Pak Ustad (besoknya kami berkelahi lagi di sawah he he he)

Saya tidak pernah tau berapa pastinya umur kawan saya itu, yang pasti kami mulai masuk SD sama-sama, namun nketika saya SMA, dia sudah menarik becak milik Bapaknya. Seingatku seragam putih merah SD adalah satu2-nya seragam yg pernah dia pakai. Sejak itulah kami gak pernah maen bareng lagi (yah, lagian apa pula yang mau dimainkan?layangan?)

Esoknya seorang tetangga yang lain memberi tahu, “Dia sekarang sudah gila dik..”

Jedher………………… (back sound : suara petir ala filem India)

Aku (A) : Beneran pak?
Tetangga (T) : Bener dik..
A : ah masa?
T : ah iya..
A : sumpeh lo? berani sumpah kah kau
T : aku berani bersumpah!!
A : jujurkah kau?
T : iya!! aku bersumpah demi tanah airku India..
A : baiklah Raju… aku kan lapor pada Insp. Vijay

Halah berlebihan….

yah pokoknya gitu deh, teman saya itu sekarang gila, oke.. mungkin kita bisa menyebutnya depresi berat atau gangguan jiwa atau apalah.. (Dok, need help?)

Aku tidak tahu kenapa dia jadi begitu, ada yang bilang dia gak kuat ngilmu (kalo saya kuliah kemaren juga termasuk ngilmu jg ya?hampir gila juga tuh), ada yang bilang dia ketempelan setan, ada yg bilang dia depresi..

Yang jelas dia bukan seperti yang dulu lagi. Dia sudah tidak mbecak lagi, tiap pagi sampai malam kerjaannya nongkrong di tikungan itu. Pernah juga dia datang ikutan pengajian di mushola, namun bukannya ngaji malah nyanyi Dangdut!!

Teman saya gila!!

Mungkin dalam ilmu kejiwaan, dia hanya depresi,  dan dengan terapi teratur mungkin dia akan sembuh seperti sedia kala. Tetapi jangankan ikut terapi, kata “psikiater” aja adalah kata yang sangat asing bagi mereka. Makan aja susah…

Sedih melihatnya seperti itu. Semoga suatu saat nanti kawan saya itu bisa sembuh, normal seperti sedia kala. Yang bisa saya lakukan hanya mendoakannya, Allah Maha Pengasih dan Penyayang, tak mungkin Dia mengabaikan penderitaan kawan saya dan keluarganya itu. Kalau memang ini cobaan bagi mereka, semoga mereka diberi ketabahan menjalani.

Mengutip lirik lagu KOIL, “… dan semoga kau sembuh…”

AMIN…

2 responses to “A Story About My Old Friend

  1. Owh.. awakmu ojo sampe melu2 koncomu iku yo mil.. melok dadi gendheng..tetep sabar & semangat mil..

    Anyway, mugo2 koncomu cepet waras. Hhh…aq dadi eling suasana desa penguin pas biyen dolan karo yahya, heru, hengki, robit, dll..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s