BAM, the slicky material…

Licinnya BAM

Bams memiliki nama asli Bambang Reguna Bukit, dia merupakan vokalis grup Band Samson dan juga putra dari pengacara terkenal Hotma Sitompul.

Sebagai artis muda, dia pernah menjalin hubungan spesial dengan Nia Ramadhani dan Tyas Mirasih.

Postingan saya kali ini tidak hendak bercerita tentang dia…

BAM, adalah material baru super keras kepala yang lebih licin daripada Teflon. Paduan keramik ini terbuat dari hubungan cinta terlarang antara metal alloy boron, aluminium and magnesium (AlMgB14) dengan titanium boride (TiB2). Dia disebut keras kepala karena kekerasannya menempati posisi nomer 3 setelah Intan and cubic boron nitride.

Karena sifatnya yang keras namun licin (oke, kita bayangkan dulu… keras.. licin.. kok malah bayangin yang enggak2 ya?). maka si BAM ini berpotensi sebagai pelindung suatu komponen dari keausan dan menghemat energi karena mengurangi gesekan.

Darimana asalnya cinta? Dari mata jatuh ke hati

Darimana datangnya BAM?

Si BAM ini sebenernya lahir secara tak sengaja ketika Department of Energy Ames Laboratory, AS sedang mengembangkan material yang bisa membangkitkan daya listrik ketika dipanaskan

Menurut Bang Allan Russel, si penelitinya, si BAM ini ditemukan secara gak sengaja, ketika itu dia udah mau dipotong, digrinda tapi masih gak mempan. Tapi justru karena itulah kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan tujuan mengembangkan si BAM menjadi seorang vokalis band terkenal sebagai materi pelapis yang gak butuh pelumas lagi selamanya… ceileh….

Koefisien gesek material ini adalah 0.02 sedang Teflon koefisien geseknya 0.05, jika baja menggunakan pelumas koefisien geseknya 0.16. Sifatnya licinnya ini memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai pelapis untuk rotor blade pada pompa sehingga pompa membutuhkan daya lebih rendah. Selain itu kekerasannya dapat dimanfaatkan sebagai sebagai pengganti intan untuk cutting tools karena lebih murah dengan kekerasan yang mendekati intan.

US DoE Ames Lab)

Seonggok baja (kiri) yang dilselimuti lapisan tipis BAM (Image: US DoE Ames Lab)

Trus kenapa dikasih nama BAM?

Well, begini ceritanya…….

(terjemahannya udah kehapus :P  jadi saya ndak tahu kenapa… )

One response to “BAM, the slicky material…

  1. he3x….BAM????
    dari BAM samsons ke BAM yang lain??he3x

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s