Childs among Us (traweh karo cah cilik….)

nge-blog bar trawehan ng asrama haji… kesuk prei ae lho!

Heran tho? aku yg mahasiswa ITS kok mbelani traweh di Asrama Haji? wis rodo adoh, parkire mbayar pisan! 1000 lho,taun wingi jik 500 (diniati infaq insya Allah berkah.. amin)

Diantara kita mesthi pernah ngalamin trawehan ng masjid bareng ma anak kecil. Td sambil ndengerin cramah aku sambil nggathekno arek2 cilik yg ikutan traweh. Ternyata ada beberapa tipe cah cilik pas traweh-an. Kurang lebihnya sbb:

PS:batasan masalah saya adalah :hanya ngamatin anak kecil dgn range umur 0-6 thn di jamaah laki-laki.

  • Tipe Sweet Child
    • anak kecil tipe ini bener2 anak soleh-solehah deh.Gak ribut karepe dewe, melu solat & tertib. Biasane sih emang bareng karo bapak-e. Entahlah apa dia gt karena ada ebes-nya atau emang dia anak baek. Tp apapun itu, anak kayak gini nyenengno didelok.
  • Tipe Mobile
    • nah anak kayak gini laen lg. Dia emang bareng bapaknya, tp bgitu si Bapak sholat.. Si anak mengembara diantara sela-sela makmum dan shaf. Itulah salah satu hikmah mengapa shaf harus rapet. Biar anak macem gini tidak merajalela.Masih kecil aja udah pinter cr celah.. Udah gedhe bisa2 jadi anggota DPR entar….
  • Tipe Trans-gender
    • Bukan!! Bukan anak yg kecil-kecil jd bencong!! Juga bukan anaknya bencong! Maksudnya adalah anak kecil cewek yg ikutan traweh di shafnya cowok. Mungkin krn emang tuh anak maunya nempel ma bapaknya ato emang ibunya lg g ikut trawehan. Biasanya anak tipe ini masih kecil bgt, TK gt deh… jd tampang&tingkahnya lucu-lucu.
  • Tipe Noisy
    • anak tipe ini adalah anak kecil biang ribut…. Tingkat noisitas-nya berbeda-beda desibel-nya. Dari mulai keributan tingkat ringan seperti bunyi srat-srot umbel (ingus)-nya. Ingat anak kecil=anak ingusan so INGUS adalah aksesoris wajib anak kecil!
    • ada juga keributan tingkat ringan macam ngomong karepe dewe, ngajak ngobrol bapaknya (yg lg solat). Taun lalu aku malah mengalami lagi solat diajak ngobrol anak kecil. Mungkin mau nanya “Mas, kuliah itu susah ya? Kok mas gak lulus-lulus…?”
    • Nah yg parah kalo keributannya tkt tinggi macam nangis berok-berok…. Eghhh kudu mites ae…
  • Tipe Pethakilan
    • anak pethakilan adalah anak nakal yg nyasar ng masjid!Kelakuannya layak dimasukkan “Pintu Hidayah” versi anak-anak. Dari mulai lari2 dlm masjid, bengak-bengok, penthalitan, pencolotan.Yah namanya juga anak-anak……
  • Tipe Super Pethakilan
    • Pokoke anak kayak gini anak yg kenakalannya luarbiasa! Misalnya mainan mercon dalam masjid, pipis dlm masjid, ngrokok dalam masjid, karaoke-an dalam masjid, bal-balan dalam masjid, tidur di dalem bedug-nya masjid dan berbagai hal lain yg g boleh dilakukan dalam masjid. wah anak kayak gini hanya ada dalam mimpi burukmu!

Nah barangkali sampean pas trawehan boring ama cramahnya (jgn sampe lah…. cramah traweh itu ilmu &berpahala lho) bisa sambil ngamatin anak kecil di sekitar Anda. Masuk tipe manakah dia….

Apapun yg mereka lakukan, mereka masih anak2, belum akil balig.. yah namanya juga anak2.. nakal dikit GPP tho? kalo udah keterlaluan ingatkanlah mereka. Dan janganlah larang anak kecil ikut traweh-an, ribut dikit GPP, justru itu seninya..

Ikutan traweh akan memberi pelajaran bg anak2 bahwa Ramadhan adalah bulan yg pantas tuk selalu dinanti dan dirindu…..

PS : hari pertama traweh mengalami kejadian berikut…. :
Penceramah                         : … trmasuk yg membatalkan puasa adlh kumpul antara suami istri di siang hari
aku                                         : (ndengerin ajah….)
anak kecil sebelahku          : Pa…..
bapaknya                             : apa Nak…
anak kecil                             : kumpul suami istri itu apa Pa?
bapaknya                             : ………

3 responses to “Childs among Us (traweh karo cah cilik….)

  1. hehehe…

    but the most crowded mosque that i’ve ever attended is Manarul Ilmi ITS.

    just wanna know what kind of explanations to answer that kid’s smart question, hehehe

    imil : maybe that kid’s father should answer “kumpul iku sing nggarai awakmu methungul nang dunyo iki Le!”

  2. Pingback: The Curse of The Snoty Boy « celoteh imiL

  3. jadi inget cerita temenku yang jaman cilikane pernah nyumet mercon di samping mesjid waktu orang2 pada traweh. walhasil imamnya kaget. dan batal. otomatis makmumnya juga batal sholatnya. parah. sampe rumah, papanya temenku yang bengal itu muni2,”wah, ada anak kecil bendel banget. nyalain petasan di sebelah mesjid. anak siapa sih tu ?!!”. si bapak gatau klo ternyata anak bengal itu adalah anaknya sendiri.

    imil:bs jd salah satu episode PINTU HIDAYAH dgn judul “Ujian bg Bapak Alim ber-anak Pecandu Mercon”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s